Breaking News
Join This Site
Mudah Belajar OOP PHP - Class, Object, Encapsulation

Mudah Belajar OOP PHP - Class, Object, Encapsulation


OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari.

A. Class 
Class ibarat cetakan,atau dapat diartikan sebagai tempat untuk membuat objek,
berikut contoh script PHP untu membahas class :

 
Class didefinisikan dengan memuat properti dan metode, dimana properti sebuah data yang menjelaskan tentang class dan metode adalah tingkah laku yang bisa dilakukan oleh object. Berikut adalah contoh kode sebuah class yang dilengkapi dengan properti dan metode.

 

B. Object
Object adalah hasil instansi dari class, dan mengandung seluruh resource yang telah didefinisikan pada class. Berikut adalah cara meng-instansi object dari class yang sudah didefinisikan.


Karena class merupakan "cetakan" dari object, maka object hasil instansiasi juga mempunyai resource seperti class. Berikut contoh kode memanggil properti dan metode.


Maka saat dijalankan akan menghasilkan :


Hallo Elniqi

C. Encapsulation
Encapsulation adalah mekanisme "membungkus" sebuah data pada sebuah object. Pada PHP terdapat 3 modifier yang dapat diimplementasikan untuk melakukan "pembungkusan" data yaitu private, protected dan public. Modifier tersebut digunakan untuk mendefinisikan tingkat visibilitas sebuah data (properti) ataung fungsi (metode) yang ada di dalam class.


Modifier Keterangan
Public Untuk mendefinisikan data atau metode yang akan terlihat dari luar oleh siapapun dan dimanapun
Private Untuk mendefinisikan data atau metode agar hanya dilihat pada class/object itu sendiri
Protected Untuk mendefinisikan data atau metode untuk tidak terlihat dari luar (seperti private), tetapi akan dapat diakses oleh "anak" dari class tersebut.

Berikut adalah contoh kode implementasi dari encapsulasi.


Properti _name dan _age mempunyai modifier private, dimana tidak akan bisa diakses langsung. properti tersebut akan bisa diakses jika kita mendefinisikan sebuah metode untuk mengakses properti tersebut yang memiliki modifier public.

sekian dulu sahabat.. InsyaAllah nanti dilanjut di bagian yang ke-2
seperti keong yang berjalan perlahan namun pasti, mari pemuda berkarya untuk bangsa dan agama.