Breaking News
Join This Site
Tutorial C++ | 02. Cara Kerja C++

Tutorial C++ | 02. Cara Kerja C++


Assalamu'alaikum teman-teman keong blog...

Kali ini kita akan melanjutkan manteri tentang c++, nah kali ini  kita akan membahas sedikit terkait cara kerja c++. 

C++ terdiri dari syntax-syntax atau code-code dalam bahasa inggris yang tersimpan dalam file, biasa kita sebut sebagai source code atau source file. 

Berikut gambaran singkat terkait cara kerja dari c++ :


Penjelasan gambar :

Secara singkatnya, source code  berisi syntax dalam bahasa inggris, kemudian akan di baca oleh komputer untuk selanjutnya, menjalankan perintah sesuai dengan isi program.

Namun perjalannya tak sesingkat itu, komputer tidak bisa memahami bahasa manusia, komputer menggunakan bahasa asembly mesin, sedangkan c++ sudah menggunakan bahasa yang cenderung mirip bahasa manusia, dalam hal ini menggunakan bahas inggris seperti if, else dll.

Untuk itu syntax c++ harus diubah kedalam bentuk asembly mesin dengan cara mengcompaile nya menggunakan compailer sehingga menghasilkan file yang executable (bisa dieksekusi oleh komputer).

Sampai sini sudah ada bayangkan kan temen-temen keong blog?, nah untuk membuat program menggunaka bahasa c++ kita harus menyiapkan beberapa tools diantaranya text editor dan compailer.

Untuk apa text editor dan compailer..? oke-oke pelan-pelan ya.. hehe
Text editor digunakan untuk menulis source code atau baris code sedangkan compailer digunakan untuk mengcompaile source code yang sudah dibuat agar menjadi file executeble.

Temen-temen bisa download text editor dan compailernya. dalam hal ini saya menyarankan temen-temen untuk mendownload text editor yang sudah include compailer seperti visual code dan  dev c++ (Windows dan Mac) , geany (Linux)

Temen-temen download sesuai dengan sistem operasi komputer masing-masing.

Mungkin sekian artikel kali ini, insyaAllah kita akan lanjutkan di artikel selanjutnya, Jika ada pertanyaan bisa langsung tulis saja di kolom komentar dan jika artikel ini bermanfaat bisa bantu untuk share artikel ini..

sekian dan terima kasih

Wa'alaikumussalam wr wb