Breaking News
Join This Site
Tutorial C++ | 01. Apa itu C++ ?

Tutorial C++ | 01. Apa itu C++ ?



Assalamu'alaikum teman-teman keong blog...

Kali ini ada yang berbeda nih, keong blog ingin membuat tutorial berseri tentang c++. Oke langsung saja kita ke pembahasan awal yaitu "Apa itu C++?"

Mungkin bagi teman-teman yang tidak fokus belajar IT akan bingung dan bertanya-tanya apa itu c++ kok kayaknya mencurigakan kesannya itu gimana gitu.. hehehe.. Tenang kita bahas perlahan. c++ itu bahasa pemrograman, gampangnya bahasa pemrograman itu bahasa yang menjadi jembatan komunikasi antara manusia dengan komputer. Jadi saat kita mau membuat sebuah dokumen misalnya maka kita buka aplikasi office kemudian kita mulai mengetik. Nah secara tidak langsung kita sedang berkomunikasi dengan benda mati yaitu komputer dengan memerintahkan beberapa perintah, peran bahasa pemrograman seperti itu, menjadi jembatan komunikasi manusia dengan komputer.

Kenapa kita belajar c++ ?. Ada beberapa alasan, seperti dibawah ini :
  1. Tugas Kuliah, bagi kalian anak IT, tidak sedikit kampus-kampus yang menjadikan c++  sebagai bahasa yang harus di pelajari oleh mahasiswanya.
  2. Ingin membuat software yang berhubungan dengan hardware, karena beberapa mikrokontroler menggunakan bahasa c++.
  3. Biar keren.. hehehe... karena c++ bahasa pemrograman yang lumayan sulit.. jadi kalo kita sudah menguasainya akan dengan mudah mempelajari bahasa lain.
Sejarah c++ ....

Tahun 1978, Brian W. Kerninghan & Dennis M. Ritchie dari AT & T Laboratories mengembangkan bahasa B menjadi bahasa C. Bahasa B yang diciptakan oleh Ken Thompson sebenarnya merupakan pengembangan dari bahasa BCPL ( Basic Combined Programming Language ) yang diciptakan oleh Martin Richard.

Sejak tahun 1980, bahasa C banyak digunakan pemrogram di Eropa yang sebelumnya menggunakan bahasa B dan BCPL. Dalam perkembangannya, bahasa C menjadi bahasa paling populer diantara bahasa lainnya, seperti PASCAL, BASIC, FORTRAN.

Tahun 1989, dunia pemrograman C mengalami peristiwa penting dengan dikeluarkannya standar bahasa C oleh American National Standards Institute (ANSI). Bahasa C yang diciptakan Kerninghan & Ritchie kemudian dikenal dengan nama ANSI C.

Mulai awal tahun 1980, Bjarne Stroustrup dari AT & T Bell Laboratories mulai mengembangkan bahasa C. Pada tahun 1985, lahirlah secara resmi bahasa baru hasil pengembangan C yang dikenal dengan nama C++. Symbol ++ merupakan operator C untuk operasi penaikan, muncul untuk menunjukkan bahwa bahasa baru ini merupakan versi yang lebih canggih dari C.

Kan C++ dibuat pada tahun 1985, berarti c++ bahasa pemrograman kuno atau jadul dong??

Apakah c++ bahasa pemrograman kuno??, jawabnya tidak. Begini penjelasannya.

c++ terlahir tahun 1985, mulai distandarisasi tahun 1998 yang dikenal dengan c++ 98. kemudian di update terus pada tahun
2003 = c++ 03
2011 = c++ 11
2017 = c++ 17
...
2020 = c++ 20
c++ direvisi dan diupdate terus, jadi jangan bilang kalo c++ bahasa pemrograman kuno.. oke.. ;)

C++ merupakan bahasa pemrograman multiplatform, jadi c++ bisa digunakan untuk membuat aplikasi di PC (Windows dan Linux), aplikasi Handphone dan lain lain.

Emang bisa ya.. ? Bisa kok, jadi c++ punya compiler yang akan mengkompile baris kode itu untuk selanjutnya di terima oleh mechine code dari masing-masing platform.

gampangnya gini kita punya buku matematika bahasa inggris, kemudian kita ingin sharing buku itu ke beberapa negara misal Indonesia, arab dan jepang. Untuk itu maka kita translete dari bahasa inggris ke dalam masing-masing bahasa (Indonesia, arab dan jepang). Di c++ pentransletenya adalah mechine code.

Bagimana teman-teman, makin bingung?.. hehe

santai namanya juga belajar... hehe selanjutnya kita akan mengenal apa itu compailer..

semangat belajar..

sekian

Wa'alaikumussalam wr wb

jika ada pertanyaan dll.. tulis aja di kolom komentar ya..