Breaking News
Join This Site
Belajar Golang | GOPATH dan Workspace

Belajar Golang | GOPATH dan Workspace



Halo sahabat keong, mari kita lanjutkan kembali belajar bahasa pemrograman golang kita. Kali ini kita akan menyiapkan path dan workspacenya.

Seperti halnya bahasa pemrograman lainnya, di saat kita hendak memulai project baru, kita harus menyiapkan path dan workspacenya. Di golang path kerjanya bernama GOPATH.

1. Variabel GOPATH

GOPATH adalah variabel yang digunakan oleh Golang sebagai rujukan lokasi dimana semua folder project disimpan. Gopath berisikan 3 buah sub folder : src, bin dan pkg.

project di Golang harus ditempatkan dalam $GOPATH/src. Sebagai contoh anda ingin membuat project dengan nama latihan, maka harus dibuatkan sebuah folder dengan nama latihan yang ditempatkan dalam src ($GOPATH/src/latihan).

*path separator slash(/) biasanya dipakai dalam linux sedangkan untuk windows menggunakan (\) backslash

2. Setup Workspace

 Lokasi folder yang akan dijadikan sebagai workspace bisa ditentukan sendiri. Anda bisa menggunakan alamat folder mana saja, bebas, tapi jangan gunakan path dimana golang di-install (jangan sama dengan GOROOT). Lokasi tersebut harus didaftarkan dalam path variabel  dengan nama GOPATH. Sebagai contoh, penulis memilih path $HOME/Documents/go, maka saya daftarkan alamat tersebut. Caranya :

  • Bagi pengguna Windows, tambahkan path folder tersebut ke path variabel dengan nama GOPATH. Setelah variabel terdaftar, cek apakah path sudah terdaftar dengan benar.
  • Bagi pengguna Mac OS, export path ke ~/.bash_profile . Untuk linux, export ke ~/.bashrc
Setelah GOPATH berhasil dikenali, perlu disiapkan 3 buah sub folder didalamnya, dengan kriteria sebagai berikut:

  • Folder src, adalah path dimana project golang akan disimpan.
  • Folder pkg, berisi file hasil kompilasi
  • Folder bin, berisi file executable atau hasil build