Breaking News
Join This Site
Tutorial C++ | 03. Memahami Program & Compiler

Tutorial C++ | 03. Memahami Program & Compiler


Assalamu'alaikum teman-teman keong blog....

kembali lagi saya menyapa teman-teman semua, bagaimana pelajaran c++ kita kali ini, ada yang masih bingung? oke kalau tidak ada, kita akan lanjut ke pembahasan selanjutnya, yaitu Memahami Program dan Compiler C++.

Langsung saja kita ke pembahasan inti, sebelumnya teman-teman harus sudah install text editor dan compilernya yah... Kali ini saya akan menggunakan text editor sublime text, bukan IDE (code block atau visual studio code) kenapa? karena saya ingin kita tau, bagaimana source code, yang kita buat itu di compile sebelum di jalankan.

langsung saja kita mulai coding yuk..
berikut contoh codingan dari c++, yang di buat di text editor sublime Text, buatlah source code atau source file bernama tes.cpp, kemudian letakan di dalam folder cpp, lihat gambar di bawah ini.


Gimana teman-teman, apakah bingung..? tenang.. pelan-pelan saja.. saya sudah siapkan penjelasan dari gambar di atas.. silahkan simak ya..


Disini saya coba memecah struktur dari program kita menjadi 7 bagian, masing-masing bagian akan di jelaskan.. oke.. jadi pelan-pelan saja belajarnya.. kalo ada yang masih bingung tanyakan saja di kolom komentar.

1. Include <iostream> dibagian ini kita bahas mulai dari iostreamnya, iostream merupakan file yang memang sudah ada pada sistem operasi. Input Output Stream atau iostream, digunakan untuk menampilkan atau mengambil inputan dari terminal atau console pada sistem operasi, nah peran include adalah seperti mengcopy isi file atau memanggil file, dari iostream yang ada pada salah satu file dalam sistem operasi, kedalam program kita, sehingga program kita bisa menampilkan output ke terminal atau console.
2. Single Line Comment , merupakan bagian yang tidak akan di eksekusi sehingga tidak mempengaruhi program. Kegunaan dari comment adalah untuk informasi terkait code kita. Misal untuk menegaskan kalo code di bawahnya adalah fungsi atau variable, sehingga orang lain akan paham akan code program kita.
3. Multi Line Comment , memiliki kegunaan sama seperti Single Line Comment, namun lebih bisa mengcover banyak Line atau baris.
4. Buka tutup kurung , merupakan salah satu penanda function
5. Int , merupakan tipe data bernama integer yang memiliki nilai atau return 0
6. main , merupakan pintu aplikasi dimana, gabungan antara int dan main akan menjadi entri point, dimana komputer akan lebih dulu mengeksekusi bagian ini, nanti dalam int main() akan ada body yang berisi pesan atau fungsi yang nantinya bisa berupa alur perintah-perintah kepada komputer yang membantu pekerjaan manusia dari program tersebut.
7. std::cout dan std::endl, std merupakan standar library yang dimiliki oleh iostream (input output stream) kemudian diambil fungsi cout (console out) sehingga program yang dijalankan akan di tampilkan dalam console atau terminal. Jika tidak menggunakan iostream maka std tidak bisa dipakai, std tidak bisa dipakai maka cout pun tidak bisa dipakai, saat cout tidak bisa dipakai maka hasil program tidak bisa ditampilkan di console atau terminal sistem operasi.

gimana sampai sini, sudah mulai ada bayangan kan terkait program dari c++..?
setelah itu apakah program kita sudah bisa dijalankan..? jawabannya belum.. hehehe.. program kita masih dalama bentuk source code atau source file, jadi masih menggunakan bahasa manusia. Maka dari itu source code yang sudah kita buat harus di compile sehingga bisa di eksekusi atau di jalankan..

Coba amati gambar di bawah ini, lihat sebelum dan sesudah source code di compile.


pada folder cpp hanya ada file tes.cpp, nah coba kita compile ya..

sebelumnya kita cek compilernya dengan ketik g++ --version di console atau terminal komputer kita masing-masing.


jika keluar informasi seperti gambar diatas, berarti g++ kita sudah terinstall. bila belum install silahkan install terlebih dahulu, oke caranya gimana.. teman-teman bisa cari tau bagaimana install g++ baik di linux, windows atau di mac.

oke lanjut.. g++ nya sudah di install selanjutnya kita compile source code kita, sebelumnya temen-teman buka console lagi masuk kembali ke folder dimana kita meletakan source code atau source filenya. Kemudian compile source codenya, seperti gambar berikut.


Setelah selesai coba cek isi folder dari cpp, maka akan otomatis terbentuk file executablenya dengan ekstensi .out karena saya membuat programnya di linux, jika teman-teman membuat programnya di windows, maka file executablenya/aplikasinya akan berekstensi .exe

lihat gambar berikut :



coba amati isi folder dari cpp akan ada file a.out... iya kan.. hehehe

Nah, sekarang baru kita bisa jalankan aplikasi kita.. caranya.. buka kembali console atau terminal kemudian, ketik ./a.out maka akan jalan aplikasi kita.


Tulisan "Assalamu'alaikum teman-teman keong blog" merupakan hasil dari aplikasi kita, karena kita tadi cuman membuat program menampilkan teks saja.. jika ingin membuat aplikasi yang lebih komplek lagi maka, terus ikuti saja tutorial di keong blog ya... hehehe

mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan...
kalo ada pertanyaan dll... bisa isi aja di kolom komentar...
jangan lupa jika kiranya artikel ini bermanfaat, boleh di share..

tetap semangat..

Wa'alaikumussalam wr wb