Breaking News
Join This Site
Daftar distro linux untuk pemula

Daftar distro linux untuk pemula



Perlahan namun pasti, teknologi semakin berkembang. Keamanan pun menjadi pertimbangan yang harus diperhatikan di zaman digital seperti saat ini. Mimin kali ini akan membahas tentang beberapa distro linux yang menurut mimin dari kacamata orang awam itu sangat mudah untuk dioperasikan.

Kenapa mimin membahas ini, karena beberapa teman.. khawatir perihal keamanan sistem operasi windows. karena akhir-akhir ini dunia digital diramaikan dengan serangan virus ransomware baru jenis wannacry. sebenarnya dari pihak microsoft telah memberikan path khusus untuk menangkal virus ini, namun mereka tetap khawatir.

mimin disini tidak berkata bahwa linux itu anti akan seragan virus, namun linux sendiri mempunyai keamanan yang jauh lebih baik dari pada windows dan mimin sangat recomended untuk bersama-sama mulai hijrah ke linux.

oke langsung aja berikut lima distro linux recomended banget buat pemula untuk mencoba distro linux :

1. Linux Mint
 menurut Distrowatch, distro linux ini menjadi distro yang palig populer di dunia. Linux Mint merupakan turunan dari ubuntu sehingga menggunakan installer sama seperti ubuntu, penginstallan pun mudah hanya 10 - 15 menit.
linux mint memiliki dekstop bawaan cinnamon sehingga akan terasa ringan dibanding dengan desktop bawaan lain.
Tampilan dan icon-icon dibuat mirip dengan windows dan sangat cocok untuk pemula yang ingin dan baru hijrah ke dari windows ke linux

berikut mimin kasih link downloadnya : https://www.linuxmint.com/download.php

2.BlankOn versi X Tambora

Linux BlankOn adalah distribusi Linux yang dikembangkan oleh Tim Pengembang BlankOn. Distribusi ini dirancang dan disesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia. Linux BlankOn dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux khas Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran dan pemerintahan.

Distro linux lokal asli Indonesia yang masih powerfull sampai sekarang dan salah satu pengembangnya dan foundernya kakak tingkat mimin dan dosen mimin juga.. hehehe..

Fiturnya apa aja nih untuk blankon x tambora
BlankOn X Tambora hadir dengan fitur yang akan memudahkan pengguna melalui antarmuka sederhana, elegan, dan mudah digunakan yang disajikan oleh Manokwari 1.09.

Kalo kalian masih penasaran dengan distro ini, kenapa namanya blankon dll.. bisa dikepoin di link yang akan mimin kasih : https://www.blankonlinux.or.id/ 

untuk downloadnya bisa di link ini : http://cdimage.blankonlinux.or.id/blankon/rilis/10.0/

3. GrombyangOS
Grombyang OS adalah pengembangan atau remastering salah satu distro Linux yakni XUbuntu 14.04.3 oleh grOS-TEAM menjadi sebuah OS distro lokal yang kami beri nama Grombyang OS atau biasa di sebut dengan grOS. GrombyangOS di desain sebagai sistem operasi berbasis pendidikan, yang mana di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan aplikasi pendidikan seperti LibreOffice, Kalzium, BKchem, KAlgebra, KBruch, KGeography, Othman Quran Browser. Selain itu Grombyang OS juga dilengkapi dengan aplikasi multimedia meliputi audio dan video.
Dalam Perjalananya sekarang grOS sudah mencapai versi 2.0, menggunakan desktop xfce yang ringan.

Nah kalo distro ini spesial banget, karena distro ini berasal dari kampung halaman mimin, Pemalang jawa tengah..

Spesifikasi Minimal

Kapasitas RAM : 512Mb
Kapasitas HDD : 20 Gb
Kecepatan Prosesor : 1.0 Ghz / Pentium 3
 Ada 3 versi pengembangan antara lain edu, lab dan mini.. untuk lebih jelasnya bisa kunjungi link ini : http://www.grombyang.or.id/http://www.grombyang.or.id/

untuk downloadnya silahkan teman-teman klik link ini : https://repo.grombyang.or.id/iso/?dir=GrombyangOS 

Selanjutnya tinggal milih mau download yang edu, lab atau mini

4. OpenSUSE

openSUSE merupakan distro Linux yang dibangun melalui kernel Linux. OpenSUSE dikembangkan secara independen, dengan dukungan komunitas melalui proyek openSUSE dan didasarkan dukungan secara komersial dari distro Linux yang dikenal sebagai SUSE (singkatan Jerman untuk “perangkat lunak dan sistem evolusi”). Tujuan proyek openSUSE yaitu untuk membuat openSUSE sebagai distro yang paling mudah dicari dan digunakan.

untuk download berikut mimin kasih linknya : https://download.opensuse.org/

5. Ubuntu
 merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas.

Ubuntu menjadi distro populer selain linux mint.

berikut mimin kasih link untuk download : https://www.ubuntu.com/download/desktop


seperti seekor keong.. perlahan namun pasti... semoga bermanfaat...
insyaAllah mimin akan membuat tutorial dari salah satu distro di atas,,, sesuai dengan voting terbanyak.. jadi jika teman-teman berminat silahkan isi voting di link komentar, distro mana yang akan dibuatkan tutorial installnya.