Breaking News
Join This Site
Mengerjakan Projek bersama menggunakan git

Mengerjakan Projek bersama menggunakan git



Assalamu'alaikum sobat q-young, maaf nih sudah lama mimin tidak bersua dengan sobat. Kali ini mimin akan membahas tentang git dan github.

Mengapa sih kita mesti mengenal git dan github? wih pertanyaan yang bagus, hehehe..

menurut mimin jawabannya gini, github itu ibarat tempat kita berkolaborasi dalam mengerjakan projek yang dilakukan oleh beberapa developer selain itu github digunakan untuk sharing knowledge kepada sesama developer dan yang paling mimin suka source yang diupload public ke github bersifat open source, gimana sobat sudah ada gambaran belum?,,, initinya sih git itu tools untuk menggunakan github dan github itu tempat untuk kolaborasi, sharing knowledge dan source code.

oke, langsung saja.. kita masuk ke inti dari pembahasan, yang pertama kita coba mengenal apa sih git itu..

Git adalah salah satu Version Control System, kok ada istilah lagi!.. tenang.. kita telaah satu persatu.... Control yaitu artinya pengendalian ,pengaturan ,dan penguasaan ,dan Version yaitu mengacu pada versi dari sebuah file ,entah file itu berisi sebuah works ,project ,source code ,atau lain-lain. Jadi dapat kita artikan bahwa Version Control , adalah sebuah Sistem yang dapat mengatur (memanage),  dan mencatat perubahan yang terjadi  dari sebuah file atau banyak file ,dari versi awal sampai versi akhir terakhir di modifikasi. Kita dapat kembali (revert) ke salah satu versi dari file tersebut , jika terdapat suatu kesalahan atau ada fitur tertentu dari project tersebut yang ingin di kembalikan.

Git telah dikembangkan oleh seorang yang menciptakan Linux , yang bernama Linus Torvald ,saat mengembangkan Kernel Linux pada tahun 2005.Git dapat di peroleh secara gratis dan Open Source , serta mampu memanage beberapa project kecil ke beberapa project yang sangat besar, dengan kecepatan dan efisiensinya yang menjadi salah satu kelebihanya ,di bandingkan VCS lain.

Github adalah salah satu platform atau situs web yang digunakan untuk tempat para programer berkumpul ,membagikan ,mengedit ,sebuah project atau source code. Bisa disebut juga social medianya para programer. Github menyediakan layanan hosting Git Repository berbasis web, menawarkan disribusi version control dan juga source code management. Github ditemukan 8 tahun yang lalu tepatnya pada 8 Februari  2008 ,serta dirilis pada 10 April 2008.

Mungkin itu saja yang bisa mimin sharing perihal git dan github, kurang lebihnya mohon maaf..

sumber : http://www.okedroid.com/2016/09/belajar-mengenal-version-control-git-dan-github.html