Breaking News
Join This Site
Mengapa perlu manajemen Waktu?

Mengapa perlu manajemen Waktu?


Tentu semuanya mengaku bahwa waktu itu tidak bisa diulang kembali. Waktu terus berjalan tanpa harus menunggu kita siap atau tidak, memanfaatkan dengan baik atau tidak waktu itu akan tetap berjalan dan tidak  akan bisa terulang kembali. Jika anda tidak mampu mengelola dengan baik, waktu itu akan terbuang sia-sia.

Bagaimana cara efektif mengelola waktu? 

Setelah kita mengetahui pentingnya mengelola waktu. Tahapan berikutnya adalah bagaimana cara efektif mengelola waktu itu sendiri ?. Tidak mau khan waktu Anda terbuang sia-sia ?. Mari kita simak beberapa beberapa cara efektif dalam mengelola waktu. 

yang pertama :

Cara Efektif dalam mengelola waktu. Yang pertama adalah membuat “To Do List”. Maksudnya adalah kita melakukan list atas apa saja yang akan kita kerjakan atau apa saja yang akan kita lakukan. Lakukan dengan MENCATAT !
Ini poin penting yang pertama dan harus dilakukan sebelum melakukan hal-hal lain yang akan dibahas di pembahasan selanjutnya.

yang kedua :

Untuk cara efektif yang kedua adalah dengan membuat skala prioritas. Maksudnya disini adalah dari poin pertama yang membuat to do list, Anda menentukan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu, mana yang dikerjakan setelahnya dengan tetap mempertimbangkan juga dari segi kepentingannya.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat juga dari literasi yang sudah ada yang membahas soal PARETO.

yang ketiga :

Tahapan berikutnya adalah melakukan penjadwalan atas apa yang sudah direncanakan dan diprioritaskan. Cara gampangnya adalah rencana-rencana tindakan tadi yang telah anda buat akan dieksekusi atau dilakukan kapan ? 
Ya lakukan PENJADWALAN !

yang keempat :

Menurut wikipedia : Delegasi adalah perwakilan atau utusan dengan proses penunjukan secara langsung maupun secara musyawarah untuk mengutusnya menjadi salah satu perwakilan suatu kelompok atau lembaga.

Begitupun juga saat anda bekerja dengan team, tentunya Anda tidak akan mampu mengerjakannya seorang diri kecuali jika Anda SUPERMAN yang semua-muanya dilakukan sendiri. ;)

Jika Anda bekerja di bagian operasional Alfamart tentunya anda akan membutuhkan sebuah team untuk bekerja sama menyelesaikan setiap pekerjaan yang “begitu banyak”. Maka dari itu cara efektif dalam mengelola waktu berikutnya adalah melakukan DELEGASI atau pembagian tugas.

yang kelima :

Tentunya dalam perjalanan tidaklah semudah seperti teori yang telah disampaikan. Dalam tahapan ini pun akan ada gangguan-gangguan yang menghambat anda dalam mengelola waktu yang efektif. Jika memang ada, cara yang kelima adalah ATASI GANGGUAN itu !

yang keenam :

Cara efektif mengelola waktu yang terakhir adalah memanfaatkan waktu luang Anda. Mungkin saya tidak perlu menjelaskan panjang lebar mengenai poin yang keenam ini. Saya rasa sudah sangat jelas, jika anda mempunya waktu luang bisa anda pergunakan dan manfaatkan dengan sebaik- baiknya.

.. bersambung ...

sumber : Andrian Firmanto - Manajemen Waktu

2 comments

avatar

masyaAllah tambah mantap dah

Balas
avatar
Balas