Breaking News
Join This Site
Bagaimana jika Dunia Tanpa Internet?

Bagaimana jika Dunia Tanpa Internet?


   
   Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial. Kebutuhan dalam berkomunikasi terkadang dibatasi jarak dan waktu, namun ketika ditemukanya Internet mulai tahun 1999, pengguna Internet meningkat secara drastis. Internet sudah menjadi kebutuhan setiap pribadi dalam penggunaan sehari hari. Keseharian manusia terbantu dengan adanya Internet. Perbedaan yang dirasakan dari dampak Teknologi sangat berpengaruh pada kehidupan manusia. Kehidupan manusia yang dirasakan sebelum munculnya internet sangat jauh berbeda dibandingkan kehidupan saat ini yang dipengaruhi oleh Internet. Keseharian manusia sebelum adanya Internet sering bergantung pada tenaga kerja, sehingga membutuhkan waktu dan orang yang banyak dalam menyelesaikan suatu masalah ataupun pekerjaan. Namun kehadiran Internet dapat mempercepat proses yang dilakukan manusia sehingga menjadi lebih singkat dan efisien.

   Permasalahan yang terjadi di Dunia ini selalu dapat diselesaikan oleh Manusia, namun pekerjaan manusia dimudahkan oleh adanya teknologi dan internet. Tidak ada perbedaan secara spesifik jika dilihat dari apakah dunia tanpa internet atau dunia menggunakan internet. Ada dua hal yang harus diperhatikan jika berbica mengenai dunia tanpa internet. Hal yang pertama adalah jika internet memang tidak pernah ada dan tidak pernah dirasakan. Kemudian hal yang kedua adalah jika tiba-tiba Internet hilang disaat manusia sedang menggunakan fasilitas Internet. Dibalik perkembangan internet yang sangat pesat, pernahkah kita berfikir apa yang akan terjadi Dunia ini jika tanpa Internet?. Akankah dunia lebih baik tanpa internet?.

   Apa yang akan terjadi jika internet tidak pernah ditemukan dan juga dirasakan oleh penduduk bumi? Pastinya manusia akan terus hidup namun di dalam keseharian, berbagai kegiatan akan terus berulang tanpa adanya perkembangan. Manusia lebih banyak menggunakan tenaga mereka sendiri dalam menyelesaikan permasalahnya. Internet dimana pengaruhnya sangat besar terhadap suatu perorangan maupun kelompok akan membuat manusia menjadi anti sosial. Bisa dikatakan tanpa kehadiran Internet di tengah manusia. Kehidupan akan berjalan dengan tentram dan aman, masih bisa merasakan kasih sayang dari keluarga, teman, bahkan lingkungan. Dimana pengaruh internet terhadap manusia sangatlah besar. Disamping banyaknya hal positif yang didapat, ada beberapa hal negatif yang mempengaruhi sifat manusia. Manusia lebih mengutamakan kepentingan diri sendiri, rasa sosial terhadap lingkungan, teman, bahkan keluarga mulai pudar. Namun itu tidak berlaku jika saja Internet tidak pernah ada. Dimana anti sosial salah satu dari dampak pengaruh internet terhadap Manusia.

 
   Berbeda halnya jika dunia tanpa internet terjadi disaat manusia sedang bergantung padanya. Berdampak sangat besar seandainya satu hari saja internet terputus, akan banyak terjadi hal-hal yang menyebabkan kerugian, baik secara personal maupun komunitas. Kehilangan internet bisa menyebabkan sistem global menjadi kacau. Pasalanya semua sistem bergantung pada data, dimana data harus selalu terhubung ke internet. Kekacauan akan mulai terjadi pada sistem komunikasi, keuangan, bisnis perusahaan, energi, kesehatan, cuaca, bahkan hal terkecil seperti social media sekalipun akan ikut terganggu. Tanpa data, mobil yang menggunakan sistem navigasi akan kehilangan sistem intergrasi untuk melihat jalur peta. Tanpa internet, sistem penerbangan tidak akan bisa lepas landas, milyaran email tidak dapat terkirim dan diterima. Hal yang paling berbahaya berdampak pada sisi keuangan yang akan terjadi kerugian besar, biaya transaksi terputus, data nasabah tidak dapat diakses, jutaan transaksi tidak dapat dilacak. Perusahaan perusahaan besar akan mengalami kerugian. Satu hari dunia tanpa internet akan mengalami dampak yang sangat besar dari berbagai sektor, sehingga sudah saatnya kita sadar betapa pentingnya peranan internet dalam kehidupan manusia. Jadikan internet sebagai sarana dalam menyelesaikan suatu permasalahan, bukan menjadikan dunia ini lebih buruk dengan adanya internet.

penulis : Root18