Breaking News
Join This Site
Menganal lebih dekat dengan pemrograman PHP

Menganal lebih dekat dengan pemrograman PHP



   Assalamu'aikum, selamat datang sobat q-young blog semoga sehat selalu. Kali ini mimin mau ngeshare tentang pemrograman php nih... awal-awal kita coba mengenal apa sih php itu, kami rangkumkan untuk kalian dari beberapa sumber. yuk baca lebih lanjut..

Pengertian

   Menurut Wikipedia Bahasa Pemrograman PHP atau Hypertext Preprocessor adalah “bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS”. Saat ini banyak sistem informasi berbasis web yang di bangun menggunakan script PHP sebagai script dasar untuk membuat website dengan konten dinamis.
 
   Bahasa Pemrograman PHP adalah bahasa pemrograman script server-side yang didesain untuk pengembangan web. Selain itu, PHP juga bisa digunakan sebagai bahasa pemrograman umum (wikipedia). Pertama kali di kembangkan oleh Rasmust Lerdorf pada tahun 1995, dan sekarang php dikembangkan oleh The PHP Group.
 

   Pada awalnya PHP dikenal dengan singkatan Personal Home Page. Karena server tersebut di peruntukan untuk website pribadi. Tetapi untuk saat ini PHP sudah bermetamorfosis menjadi bahasa pemrograman yang sangat populer yang digunakan untuk website terkenal seperti Wikipedia, wordpress , joomla dll. Untuk saat ini php dikenal dengan singkatan Hypertext Preprocessor sebuah kepanjangan rekursif, yakni permainan kata dimana kepanjangannya terdiri dari singkatan itu sendiri. Bahasa pemrograman php banyak digunakan karena sifatnya yang open source yaitu dapat digunakan secara gratis.

   Fungsi bahasa pemrograman php sendiri untuk web digunakan untuk dapat menyesuaikan tanpilan konten sesuai dengan situasi. Web yang bersifat dinamis juga digunakan untuk menyimpan data ke database dengan memproses from dan juga dapat megubah tampilan website sesuai inputan dari seorang user.

  Script PHP penting sekali dalam pemrograman web karena script ini bertugas untuk mengolah data yang ada di server. Untuk lebih memahami bagaimana peran script PHP dalam proses pengolahan data, mari lihat skema di bawah ini: 


 
   User atau pengguna mengakses url suatu website kemudian browser mengirimkan permintaan HTTP request kepada webserver dengan membawa request data, data tersebut akan di proses sebelumnya oleh PHP untuk melakukan suatu perintah CRUD (Create, Read, Update, Delete) terhadap database server lalu sebagai bentuk jawaban dari server, server kembali mengirimkan data yang di minta kepada pengguna untuk di tampilkan ke browser. Itulah mengapa script PHP ini sangat penting dalam pembuatan website. 

 
Dalam penulisanya, script PHP tidak harus berdiri sendiri, tetapi dapat disisipkan di antara kode HTML. Script PHP harus selalu di awali dengan <? atau <?php dan di akhiri dengan ?>
Perhatikan contoh penulisan script PHP berikut ini :

<?
// Tempat  Penulisan Script PHP
?>

Atau

<?php
// Tempat Penulisan Script PHP
?>

Semua teks yang diketik setelah tanda buka script (<? atau <?php) dan tanda tutup script (?>) akan diproses sebagai suatu script PH

Untuk sementara sampai sini dulu sobat, nanti insyaAllah kita lanjutkan kembali..
perlahan namun pasti
terus dukung kami dengan share artikel di blog ini yang menurut sobat bermanfaat terima kasih..

Sumber :